Apakah Kamu Sudah Siap Divaksinasi Covid-19??, Ini Syarat Penerima Vaksin Corona

Realita Indonesia – Vaksinasi COVID-19 tahap awal di Indonesia akan mulai dilaksanakan pada 13 Januari mendatang. Lantas apa saja syarat penerima vaksin Corona?

Dalam prosesnya, sejumlah kelompok prioritas penerima vaksin Corona telah ditentukan oleh pemerintah. Misalnya, pada tahap awal (Januari-April 2021) penyuntikan vaksin Corona akan diberikan pada kelompok, seperti tenaga kesehatan, pejabat publik, dan sejumlah tokoh agama di daerah.

Namun, tak semua orang dari kelompok tersebut dapat disuntik vaksin Corona. Pasalnya, salah satu syarat penerima vaksin Corona adalah tubuh harus dalam kondisi sehat.

“Jadi syaratnya yang pertama kita harus sehat. Sehat secara umum, artinya bukan berarti harus 100 persen fit atau harus tidurnya cukup. Nggak. Yang penting sedang tidak sakit,” kata vaksinolog dr Dirga Sakti Rambe, MSc, SpPD, dari OMNI Hospitals Pulomas, dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 di YouTube beberapa waktu lalu.

Baca Juga :   Menteri Luhut : Rakyat di NTT dan NTB Pesta Pora Setelah Dapat Air Bersih

Dijelaskan dr Dirga, nantinya calon penerima vaksin Corona akan dicek terlebih dahulu kondisi kesehatannya apakah layak untuk menerima vaksin atau tidak.

Jika tekanan darah di atas 140/90 mmHg, vaksin Corona tidak diberikan.Sejumlah syarat penerima vaksin Corona pun telah direkomendasikan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI). Di antaranya sebagai berikut, dikutip dari Juknis Kemenkes RI.

1.Jika pernah mengidap COVID-19, ibu hamil atau menyusui, mengidap gejala ISPA dalam tujuh hari terakhir, memiliki riwayat alergi berat, penyakit ginjal, rematik, sakit saluran pencernaan kronis, vaksin Corona tidak diberikan.

2.Bagi yang mengidap penyakit diabetes melitus DM tipe 2 terkontrol dan HbA1C di bawah 58 mmol/mol atau 7,5 persen, vaksinasi tidak diberikan.

3.Lalu, apabila suhu badan penerima vaksin sedang demam (di atas 37,5 derajat Celcius) disarankan vaksinasi ditunda terlebih dahulu. Begitu pula dengan pasien yang pernah mengidap penyakit paru.

Baca Juga :   Juliari Batubara Korupsi, Tapi ICW Mengklaim Bahwa Kasus Ini Bisa Jadi Momen Perbaikan Pengadaan Barang Dan Jasa

Selain syarat penerima vaksin Corona harus dalam kondisi sehat, orang yang memiliki penyakit komorbid tertentu juga tidak disarankan untuk menerima vaksin. Penyakit komorbid apa saja yang belum layak mengikuti vaksinasi COVID-19? Klik halaman selanjutnya.

Berikut penyakit komorbid yang belum layak menerima vaksin Corona atas rekomendasi PAPDI, khususnya pada vaksin Corona buatan Sinovac.

1. Penyakit Autoimun Sistemik (SLE, Sjogren, vaskulitis, dan autoimun lainnya)

2. Sindrom Hiper IgE

3. Pasien dengan infeksi akut

Pasien dengan kondisi penyakit infeksi akut yang ditandai dengan demam yang menjadi kontraindikasi vaksinasi.

4. PGK (penyakit ginjal kronis) dialisis, PGK non dialisis, tranlsplantasi ginjal, sindrom nefrotik dengan imunosupresan/kortikosteroid

Saat ini, pemberian vaksin belum direkomendasikan pada pasien PGK non dialisis, PGK dialisis, resipien transplantasi, dan sindroma nefrotik yang menerima imunosupresan/ kortikosteroid.

5. Hipertensi

Beberapa uji klinis dari sejumlah vaksin Corona telah meneliti pasien dengan hipertensi. Namun, populasi ini belum direkomendasikan mendapat vaksin Corona karena belum ada rekomendasi dari tim uji klinis vaksin yang dilakukan di Indonesia. Rekomendasi berikutnya menunggu hasil uji klinis di Bandung.

Baca Juga :   Upah Minimum Ikuti UU Cipta Kerja, Mulai Tahun 2022 Kata Menaker Ida

6. Gagal jantung

7. Penyakit jantung koroner

8. Rematik autoimun

9. Penyakit-penyakit gastrointestinal

10. Hipertiroid/hipotiroid karena autoimun

11. Kanker

Pasien kanker, kelainan hematologi seperti gangguan koagulasi, pasien imunokompromais, pasien dalam terapi aktif kanker, pemakai obat imunosupresan, dan penerima produk darah belum layak mendapatkan vaksin Corona.

12. Pasien hematologi onkologi

Studi klinis Sinovac tidak melibatkan pasien dengan kondisi tersebut. Dengan tidak adanya data pada kelompok tersebut, maka belum dapat dibuat rekomendasi terkait pemberian vaksin Sinovac pada kelompok ini.

Selain kriteria syarat penerima vaksin Corona di atas, vaksinasi COVID-19 bisa dilakukan pada pasien dalam kondisi sehat.

Editor : Realita Indonesia

Sumber : detikhealth.com

Bagikan :
error: Content is protected !!