Aman Memasak Selama Pandemi Covid-19, Ini Tipsnya!

Realita Indonesia – Selama pandemi virus corona atau Covid-19, kebersihan menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan masyarakat dunia. Penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) menjadi salah satu cara untuk mencegah penularan penyakit. Hal yang sama pun berlaku ketika memasak bahan makanan di dapur.

Sebagaimana dilansir Michelin, Selasa (22/9/2020), Chef Leelawat “Nan” Mankongtiphan dari Cuisine de Garden (MICHELIN Plate, MICHELIN Guide Thailand 2020), Chiang Mai dan Bangkok pun membagikan beberapa tips memasak yang aman saat pandemi Covid-19.

Selain mengenakan saat berada di luar, Chef Leelawat juga menyarankan bahwa masker juga harus dipakai di dapur.

Seorang ahli penyakit menular di FIU Health (Florida International University HealthCare Network), dr. Aileen Marty menjelaskan bahwa risiko tertular Covid-19 dari makanan sangat rendah.

Baca Juga :   Tanggapan Moeldoko Ke SBY : Saya Ingatkan, Jangan Menekan-Nekan Saya!

Meski risikonya sangat rendah, namun seseorang tidak boleh mengabaikan penggunaan masker sebagai pelindung saat berada di dapur. “Selain kebersihan dasar memasak, Anda juga harus mengenakan masker untuk keamanan tambahan saat menyiapkan makanan,” tutur Chef Nan.

2. Cuci tangan Anda lebih sering

“Cuci tangan dengan sabun sebelum menyiapkan atau makan makanan,” jelas Chef Phanuphon “Black” Bulsuwan dari Blackitch Artisan Kitchen (MICHELIN Plate, MICHELIN Guide Thailand 2020) di Chiang Mai.

Ia menegaskan sebelum menyentuh makanan, sebaiknya seseorang mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih lebih lama dan lebih sering dari biasanya. Termasuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menangani berbagai jenis bahan baku untuk menghindari kontaminasi dan untuk menjaga kondisi sanitasi.

 3. Hindari makan makanan mentah

Bagikan :
error: Content is protected !!