85% Habitat Kera Besar Afrika Diprediksi Berkurang Pada 2050, Inilah Beberapa Penyebabnya

realitaindonesia.com – Sebuah study yang dilakukan oleh 60 ilmuwan lebih menunjukan jika kera besar Afrika, seperti gorila, bonobo, dan simpanse akan menyusut dalam skala besar pada tahun 2050.

Melansir dari penelitian dalam Jurnal Diversity and Distributions, hingga 85 persen dari kisaran kera saat ini tidak akan lagi dapat dihuni dalam 30 tahun ke depan.

Perusakan habitat terkait erat dengan perubahan iklim, dari penggundulan hutan, dan pertumbuhan populasi manusia.

Gorila, bonobo, dan simpanse menghadapi “masa depan yang suram,” menurut Dr Ilka Herbinger dari World Wide Fund For Nature (WWF), salah satu penulis studi tersebut.

“Di banyak wilayah Afrika, kerabat terdekat kita terancam punah dalam waktu dekat,” katanya sebagaimana dikutip dari Daily Sabah.

Herbinger menyerukan penghentian “keruntuhan iklim” dan “penghancuran hutan” untuk mengurangi kepunahan massal kera besar.

Baca Juga :   Wapres Ma'ruf Amin Tak Apa-apa Jika Vaksinasi Diberikan Pada Bulan Ramadhan Mendatang

Menurut penelitian, yang pertama kali diterbitkan pada hari Minggu itu, juga penting bagi kelangsungan hidup kera Afrika untuk mempertahankan dan membangun “koneksi dan koridor” antara habitat yang bisa menjadi tempat perlindungan di masa depan.

Sebagai contoh, pegunungan saat ini merupakan habitat yang kurang cocok untuk beberapa spesies kera besar, tetapi hal ini diperkirakan akan berubah dengan pemanasan global.

Hewan secara teoritis dapat bertahan hidup jika mereka mampu bermigrasi dari dataran rendah ke pegunungan.

Studi ini adalah yang pertama untuk menguji dampak perubahan iklim, penggunaan lahan, dan pertumbuhan populasi manusia secara keseluruhan terhadap kisaran gorila, simpanse, dan bonobo di masa depan.

Baca Juga :   KIP Kuliah Diganti Jadi BLT Mahasiswa, Biaya Dari Rp 2,4 Juta Sampai Rp 8 Juta

Sebagai informasi saat ini, semua kera besar Afrika terdaftar dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah dari International Union for Conservation of Nature (IUCN).

 

***

Artikel ini sebelumnya tayang di :
https://jurnalgarut.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-
332024493/penelitian-habitat-kera-besar-afrika-bisa-
menyusut-85-persen-pada-tahun-2050

Bagikan :

Next Post

Bunuh Diri 'Membunuh' Lebih Banyak Orang Daripada Perang Atau Wabah, Berikut Penjelasan WHO

Jum Jun 18 , 2021
realitaindonesia.com – Satu dari 100 kematian di dunia secara langsung dapat dikaitkan dengan bunuh diri, demikian laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Kamis 17 Juni 2021, dengan argumen bahwa wabah COVID-19 meningkatkan faktor bunuh diri secara global. Pada 2019, lebih dari 700.000 orang tewas akibat bunuh diri, satu dari 100 […]

Breaking News

error: Content is protected !!