13 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

53% Kasus COVID-19 Sepekan Ini di Sumbang Oleh Pulau Jawa

(Tim Komunikasi Satgas COVID-19/Damar)

realitaindonesia.com – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melakukan pemantauan terhadap perkembangan virus Corona di enam provinsi di Pulau Jawa dalam sepekan terakhir. Enam provinsi tersebut yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Hasil pemantauan menunjukkan, Pulau Jawa mengontribusi 53 persen terhadap kasus Covid-19 nasional.

“Ini adalah angka yang cukup tinggi. Mengingat hanya dengan 6 provinsi di Pulau Jawa mampu menyumbang lebih dari setengah dari total kasus nasional,” kata juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Selasa 1 Juni 2021.

Wiku meminta pemerintah provinsi di Pulau Jawa segera memperbaiki upaya penanganan Covid-19 di wilayahnya masing-masing. Peran pemerintah daerah disebut sangat penting untuk menekan penambahan kasus Covid-19.

Baca Juga :   Polri Di 'Sentil' Pak Fadli Zon, Karena Anies Baswedan Terancam UU Karantina

“Jika berhasil memperbaiki penanganan dan menurunkan kasus dalam 1-2 minggu ke depan, bukan tidak mungkin kasus positif tingkat nasional juga akan turun secara drastis. Jika ini terjadi, maka Pulau Jawa menjadi kontributor terbesar dalam menurunkan penurunan kasus dan itu merupakan prestasi yang sangat baik,” ujar Wiku.

Selain memperbaiki penanganan Covid-19, Wiku mengimbau pemerintah daerah melakukan konsolidasi antarwilayah. Salah satu caranya, memanfaatkan forum komunikasi seperti Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) antar wilayah.

“Hal ini dapat menjadi wadah bagi pimpinan daerah pada 6 provinsi ini, untuk bertemu dan bersama-sama merumuskan penanganan terbaik untuk Covid-19 di Pulau Jawa,” pungkas Wiku.

Artikel ini telah tayang di :
https://www.liputan6.com/news/read/4571601/satgas-pulau-jawa-
sumbang-53-persen-kasus-covid-19-sepekan-terakhir

Bagikan :
error: Content is protected !!