13 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Dua Pemuda Jatim Pembobol Bantuan Sosial COVID-19 Amerika Resmi Ditahan

(Foto: Sindo/Ali Masduki)

realitaindonesia.com, SURABAYA – Dua tersangka pembobol bansos Covid-19 Amerika, SFR dan MCL, memakai topeng putih diperlihatkan dalam konferensi pers di Polda Jawa Timur, Senin (7/6/2021). Berkas perkara tersangka SFR dan MCR berikut barang buktinya telah diterima oleh Jaksa Penuntut Umum Kejat Jatim dan dinyatakan sudah lengkap (P-21).

Saat ini keduanya resmi ditahan oleh Kejati Jawa Timur di Rutan Dittahti Polda Jatim (penitipan tahanan).

Diketahui, SFR dan MCL merupakan pelaku pembuat dan penyebar situs palsu yang menyerupai situs resmi bantuan sosial milik pemerintah Amerika Serikat. Dalam situs tersebut pelaku mengambil data pribadi dari para korban yang merupakan warga negara Amerika Serikat. Melalui data pribadi tersebut pelaku mengklaim dana bantuan dari pemerintah Amerika Serikat dan mengambil keuntungan pribadi.

Baca Juga :   Muncul 6 Kontroversi Vaksin Covid-19, Dari Pak Jokowi Nggak Mau Disuntik Duluan Sampai Penolakan Dari Masyarakat

Sebagian besar data yang diambil secara ilegal merupakan data warga negera Amerika Serikat. Ada 30.000 data dari 14 negara bagian yang telah diambil secara ilegal. Tiap orang dapat USD2.000 sehingga total ada USD60 juta.

Dari tangan tersangka polisi mengamankan barang bukti berupa 3 laptop, foto-foto situs resmi dan palsu. Akibat perbuatannya, pelaku dijerat tentang Undang-Undang Elektronik Jo 55 dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

 

Artikel ini telah tayang di:
https://www.inews.id/multimedia/photo/pakai-topeng-putih-ini-penampakan-pembobol-bansos-covid-19-amerika-serikat.

Bagikan :
error: Content is protected !!